UMKM Jadi Kontributor Pertumbuhan Ekonomi Kota Malang

Kategori: UKM Tanggal: 30-05-2017 19:53 Oleh: Telah Dibaca: 507 kali

Pelaku UMKM menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi kota Malang yang disebut cukup pesat. Wali Kota Malang Moch Anton dalam pidatonya di acara Malang City Expo mengatakan pertumbuhan ekonomi Kota Malang 2017 mencapai 5,61 persen, atau di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang 5.5 persen. Pemberi sumbangan paling banyak untuk pertumbuhan ekonomi di Kota Malang adalan sektor industri dan perdagangan. Kelompok UMKM, termasuk dalam dua kelompok tersebut, yang artinya turut menyumbang pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.Anton menambahkan acara Malang City Expo menampilkan potensi UMKM dan usaha dari Kota Malang dan sejumlah daerah di Indonesia.

"Kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi karya, terbaik anak bangsa dalam mengembangkan sektor ekonomi riil, dan produk UMKM," ujar Anton. Sedangkan Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto menambahkan pameran Malang City Expo diwarnai 140 stand. Mereka berasal dari Malang Raya, beberapa kota di Indonesia, juga sejumlah instansi dan kementerian. 

"Satu stand bisa diisi oleh sejumlah pelaku UMKM. Jadi stand-nya 140 tetapi produk yang dijual atau yang dipamerkan lebih dari itu," ujar Wahyu. Pemkot Malang sendiri mengikutkan lima dinas di ajang tersebut, juga sejumlah instansi lain di Kota Malang. "Harapannya produk UMKM dari Kota Malang, produk apapun makin diketahui masyarakat," tegas Wahyu.