Tips Menjaga Kesehatan di Musim Penghujan

Musim penghujan sudah datang, berbagai penyakit seperti pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin.

Siapkan Mantel atau Payung

Tips musim hujan yang pertama adalah membawa payung atau jas hujan. Kedua benda ini penting sekali dibawa ke mana pun Anda pergi apalagi saat musim hujan. Meski pagi hari matahari nampak sangat cerah, Anda tidak akan tahu cuaca sore hari. Bisa jadi Anda terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan hari itu

Cuci Tangan dan Mandi Jika Kehujanan

Tips kesehatan musim hujan yang satu ini tak kalah penting. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal inilah yang harus diubah. Tangan adalah tempat yang sangat baik menjadi sarang virus dan bakteri, bisa saja Anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan. Jika tidak sempat cuci tangan, bawa hand sanitizer ke mana pun.

Jika ada salah satu anggota keluarga kehujanan, anjurkan untuk segera mandi begitu tiba di rumah. Hal ini berguna untuk mencegah infeksi penyakit dari berbagai kuman dan bakteri yang mungkin menempel.

Banyak Minum Air Putih

Jangan pernah menunggu haus sebelum meminum air. Haus merupakan pertanda tubuhmu mengalami dehidrasi. Dengan tetap terhidrasi walaupun dalam kondisi rendah temperatur membuatmu terus menerus mengeluarkan racun-racun di luar tubuhmu lewat kencing yang kamu keluarkan.

Konsumsi vitamin C

Selain memperhatikan asupan makanan yang sehat dan teratur, untuk menghindari risiko sakit pada musim hujan adalah dengan mengonsumsi vitamin terutama vitamin C, baik dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan dapat membantu mempercepat pemulihan dari virus flu. Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mempercepat proses pemulihan dan memperkuat daya tahan tubuh. Anda juga dapat mendapatkan vitamin C dari paprika, pepaya, dan nanas.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Kegiatan bersih-bersih harus lebih ditingkatkan, terutama juga bersihkan lingkungan di sekitar rumah agar tak menjadi tempat nyamuk bertelur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*